Lebassi Baraye Arossi (A Wedding Suit): Lambang Kelas dalam Setelan Jas

wedding-suit

Dinamika yang terjadi pada usia pra-remaja adalah salah satu momen yang berkesan dalam kehidupan. Kiarostami mengemasnya dalam kerangka kelas pekerja Iran di dekade 1970-an.

Ini adalah film ketiga Kiarostami yang merupakan buah kerjasama dengan Institute for the Intellectual Development of Children and Young Adults (IIDCYA) yang biasa disebut dengan Kanoon. Kendati begitu, nilai pendidikan yang lekat di dua film sebelumnya justru tidak terasa dominan dalam film ini. Pun, kesan yang sama terjadi pada pesan moral yang tidak terpampang gamblang.

Adalah Mamad (Mohammad Fassih), pemuda tanggung yang magang di tempat makan di salah satu kompleks sandang lokal di daerah urban Iran, berteman dengan dua pemuda lainnya, Hossein (Mehdi Nekoueï), yang magang di tempat garmen, dan Ali (Massoud Zand), yang magang di tempat penjahit jas. Mamad merupakan karakter yang keras, hobi berkelahi, bahkan sesekali kerap berbohong, Bahkan, ia disebut sebagai seorang penggertak yang intimidatif oleh Hossein, yang kerap jadi korbannya. Singkat cerita, keduanya hendak meminjam jas yang baru saja dipesan di tempat magang Ali. Ali yang enggan meminjamkan ke Mamad, hanya mengiyakan keinginan Hossein untuk meminjam, tanpa mengetahui gertakan dari Mamad ke Hossein di belakangnya.

Melalui dinamika ketiga karakter tersebut, Kiarostami berusaha memotret kelas pekerja Iran terutama yang masih pra-remaja. Tema ini sebetulnya pernah ia angkat di Tadjrebeh, hanya saja tidak sedinamis film ini. Kali ini, ada kelas sosial menengah ke atas yang dilambangkan dengan setelan jas. Dialognya pun lebih kaya dengan tetap memperhatikan kaidah persinemaan, tidak seperti dalam Mosafer. Ini dilengkapi pula dengan tampilan yang lebih berwarna.

Meski berpusat pada tiga tokoh pra-remaja tersebut, film ini juga tidak mengesampingkan para pemeran pendukung. Dialog antar pemilik kios saat menenangkan kakak Mamad dan saat Mamad menghadiri atraksi sulap menjadi salah satunya. Bagi penyimak, yang sasaran utamanya adalah pra-remaja, ini memberikan kesan sekaligus mempersiapkan mereka sebagai bagian dari suatu himpunan: kelompok masyarakat.

Lebassi Baraye Arossi (A Wedding Suit) (1976) | Sutradara: Abbas Kiarostami | Durasi: 54 Menit | Pemeran: Mohammad Fassih, Mehdi Nekoueï, Massoud Zand

Rating: 3,5stars

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s