Khane-ye Doust Kodjast? (Where is the Friend’s Home?): Dimana Rumah Reza?

where-is-the-friends-home

Sewaktu kesempatan terakhir yang diberikan kepada kawannya terancam mengganjal, ditambah kejadian yang membuat buku kawannya tertinggal, Ahmad mesti berkejaran dengan waktu mencari rumah kawannya meski berpegal dan bersengal.

Berlatar wilayah pedesaan Koker yang berkontur bukit, Khane-ye Doust Kodjast menjadi karya Kiarostami yang menandai kembalinya ia semenjak vakum selama sedekade. Film yang sekaligus menjadi kerjasama keempatnya dengan Kanoon, ini kembali menyorot anak-anak sebagai karakter utamanya. Lagi, penceritaan yang sederhana mampu disuguhi Kiarostami tanpa menanggalkan pesan moral sekaligus menjejalkan ihwal lain yang dianggap substansial.

Alkisah, Ahmed (Babek Ahmed Poor), tanpa sengaja membawa buku pekerjaan rumah (PR) yang sampulnya sama dengan milik kawannya, Reza Nematzadeh (Ahmed Ahmed Poor). Sementara Reza terancam dikeluarkan dari sekolah jika kembali tidak mengerjakan PR-nya di buku tersebut. Posisi Ahmed kian dilematis ketika ibundanya (Kheda Barech Defai) tidak lantas mengizinkan ia untuk mengembalikan buku tersebut ke Reza. Terlebih, tempat tinggal Ahmed dan Reza yang berjauhan karena berbeda desa, menjadi alasan tambahan bagi sang ibunda.

Khane-ye doust kodjast? merupakan salah satu karya integral dalam karir panjang Kiarostami sebagai sutradara, terutama dalam film-filmnya yang berfokus kepada pendidikan anak. Dalam film ini, ia tidak kembali menyorot aksi dan konsekuensi dari kenakalan yang sering dilakukan anak-anak dan pra-remaja. Lebih dalam lagi, Kiarostami berusaha menyorot isu yang masuk dalam kategori abu-abu dalam pesan moral yang ia ingin sajikan – sekalipun bagi penyimak filmnya yang usianya di luar sasaran penonton utamanya. Ia melempar pertanyaan mengenai perlu tidaknya dan pantas tidaknya white lie (kebohongan untuk kebaikan) dilakukan.

Kebohongan untuk kebaikan ini ia selipkan beberapa kali, dengan batasan-batasan yang dilandasi ketentuan budaya – dan tentunya agama, melalui siratan pelafalan bahasa sinema. Misal, saat Ahmed yang mesti berkali-kali meminta izin pada ibunya untuk mengembalikan buku Reza Nematzadeh sebelum esok hari. Berkali-kali Ahmed meminta izin pada ibunya tanpa meninggikan suara atau sekalipun membantah. Demikian pula saat ia menyembunyikan buku di dalam baju yang ia kenakan ketika seorang kakek yang mulai kelelahan saat mengantarkannya ke rumah keluarga Nematzadeh yang ternyata telah ia kunjungi sebelumnya. Terakhir, tentu saat ia terpaksa mengerjakan PR untuk Reza Nematzadeh di bukunya yang terbawa.

Di luar cerita inti tersebut, Kiarostami juga menyelipkan beberapa ‘nasihat’ melalui dialog yang diucapkan karakter-karakter yang sudah uzur. Ada ihwal kedisiplinan di kalangan anak-anak yang dari kacamata kakek Ahmed dianggap mulai luntur. Ia mengaitkannya dengan dampaknya terhadap upah yang diperoleh saat bekerja nanti. Ada pula keluhan kencangnya arus migrasi dari desa ke kota yang disampaikan kakek dari Desa Poshteh. Kedua isu yang sepertinya menggejala di masyarakat yang ingin disentil oleh Kiarostami.

Sebagai film yang utuh, ini adalah anak tangga pertama dari karya-karya agung yang dibuat Kiarostami. Film yang mengawali Koker Trilogy ini menjadi landasan penting yang menguatkan karakterisik penyutradaan Kiarostami ke depan, khususnya dalam menyajikan film-film yang berciri penggabungan antara dokumenter, biografi, dan drama dengan tambahan bumbu metasinema seperti dalam Close-Up.

Khane-ye doust kodjast? (Where is the Friend’s Home?) (1987) | Sutradara: Abbas Kiarostami | Durasi: 79 Menit | Pemeran: Babek Ahmed Poor, Ahmed Ahmed Poor, Kheda Barech Defai, Iran Outari, Ait Ansari, Sadika Taohidi, Biman Mouafi, Ali Djamali

Rating: 4stars

Advertisements

One thought on “Khane-ye Doust Kodjast? (Where is the Friend’s Home?): Dimana Rumah Reza?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s