Tadjrebeh (The Experience): Pengalaman Pertama Kiarostami

experience-aka-tadjrebeh

Sebagai debut film feature dari Kiarostami, Tadjrebeh atau The Experience sedikit berbeda dari dua film pendek yang mengawali karirnya sebagai sutradara. Jika kedua film pendeknya memusatkan anak-anak sebagai karakter utama, film ini menggeserkan fokus ke arah remaja. Dalam durasi kurang dari sejam, Kiarostami menginisiasi ciri khasnya sebagai sutradara yang amat terpengaruh aliran nouvelle vague Prancis secara tajam.

Dalam film ini, Mamad (Hossein Yarmohammadi), adalah seorang remaja lelaki yang sedang magang di sebuah studio foto – yang sekaligus menjadi tempat tinggalnya. Kenakalan konyolnya berujung pada terusirnya ia sehingga mesti tinggal untuk sementara waktu di rumah kakaknya. Melakukan komuter justru membawanya pada perjumpaan dengan seorang gadis. Gadis yang menjadi objek sasaran di tengah keterkungkungan yang ia alami, baik dari kekolotan atasan maupun dari sanak famili.

Dari segi tema dan juga tampilannya yang monochrome, bisa dikatakan bahwa film ini adalah 400 Blows versi Iran. Berpusatnya cerita pada tokoh utama remaja lelaki yang berontak dari tekanan dari pihak otorita dan orang tua. Pula dari segi teknis sinematografi. Fasihnya Kiarostami dalam mengartikulasikan keterkungkungan ini dalam banyak adegan, dilambangkan dengan frame within frame (pembingkaian berganda). Bahkan busana yang dikenakan kedua karakter utama serta gesturnya dalam menata rambut sangatlah serupa.

Kiarostami secara lugas dan luwes mampu memotret pemandangan situasi Iran di paruh awal dekade 1970-an dengan tidak banyak menampilkan dialog. Tampak pula gambaran kedekatan politis – serta pengaruhnya terhadap sosiokultural – antara Amerika Serikat dengan Iran yang pada waktu itu belum melalui kejadian Revolusi, terwakili dengan interaksi singkat di kios semir sepatu. Melalui film debutnya ini pula Kiarostami mengawali konsistensinya dalam mengedepankan isu pendidikan yang banyak dijumpai di dalam beberapa filmnya yang lain.

Tadjrebeh (The Experience) (1973) | Sutradara: Abbas Kiarostami| Durasi: 60 Menit | Pemeran: Hossein Yarmohammadi, Andre Govalovish, Parviz Naderi, Mostafa Tari, Firoozeh Habibi

Rating: 3,5stars

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s